Seberapa pentingkah menjaga kesehatan tulang belakang

Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh
Selamat berjumpa dan salam sehat !...
Kali ini kami akan berbagi pengetahuan sekaligus pengalaman untuk anda, semoga bermanfaat ya...
Tahukah anda bahwa tulang belakang atau tulang punggung mempunyai peran sangat penting dalam masalah kesehatan di tubuh kita, tulang belakang berfungsi sebagai (tiang) penopang tubuh bagian atas agar tegak berdiri, bayangkan bagaimana jika tubuh kita tidak mempunyai tulang belakang tentu akan lunglai seperti tali basah..hehe...makanya seorang yang mencari nafkah untuk keluarga di sebutnya "Tulang Punggung Keluarga".



Selain itu tulang belakang juga berfungsi sebagai pelindung saraf dan sumsum tulang belakang di mana di tulah lalulintas impuls impuls saraf dari organ tubuh ke otak dan sebaliknya otak mengirim impuls impuls perintah ke organ tubuh.
Tulang belakang tersusun dengan tulang rawan di setiap ruasnya atau yang di sebut disk atau cincin anulus, bantalan ini membuat tulang belakang bergerak secara elastis.
Sekuat apapun tulang belakang kita namun tetap mempunyai keterbatasan, adakalanya tulang belakang mengalami berbagai permasalahan di ataranya yang umum di alami oleh kebanyakan orang adalah saraf terjepit yang di tandai dengan rasa nyeri, linu, kebas/kesemutan di area yang terkena masalah.
Saraf terjepit sendiri menurut jenisnya banyak di antaranya ada HNP, Subluksasi Vertebra, Kekakuan otot pinggul atau Sindrom Firipormis, Scoliosis, Lordosis, Kifosis, Carpal Tunel Sindrom, Bambo Spain atau TBC Tulang, dll.
Sedangkan secara umum penyebabnya adalah faktor kesalahan sikap gerak sehari-hari misalnya Sikap duduk tidak baik, Bergerak tiba-tiba, Olahraga Tanpa pemanasan, Malas berolah raga, tidur dengan posisi salah, jatuh terduduk, Gerakan melawan grafitasi bumi seperti meloncat dll, Selain itu karena faktor masalah infeksi virus atau bakteri seperti TBC Tulang.
Selain masalah di atas permasalahan tulang belakang juga berefek pada kesehatan organ-organ dalam mulai masalah disfungsi organ dan masalah-maslah berat lainya, nah...pertanyaanya "Kok bisa?...
Begini...sebagaimana kita sebutkan di atas, bahwa saraf tulang belakang adalah pengantar rangsangan atau perintah dari otak ke organ tubuh dan sebaliknya, jika terjadi tekanan pada area saraf yang menghubungkan ke organ tertentu maka gelombang sinyalnya tidak akan sampai atau minimal mengalami gangguan, maka akan berpengaruh kepada kinerja organ yang kurang sempurna dan lambat laun akan menimbulkan penyakit tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kami Memperbaiki Tulang Belakang

Apa Itu Saraf Terjepit?